Wednesday, June 6, 2007

The Meaning of Life

Kehidupan lebih tua usianya dari segala benda hidup, seperti keindahan yang sudah ada sebelum benda yang indah lahir dimuka bumi, dan seperti kebenaran yang sudah ada sebelum ia di ungkapkan.

Kehidupan bernyanyi di kesunyian kita, dan bermimpi dalam keterpurukan kita. Bahkan ketika kita terhempas dan karam, kehidupan tetap tinggi bertahta. Dan ketika kita dengan sedu-sedan, kehidupan tersenyum sepanjang hari, dan tetap bebas ketika kita terkunci dalam rantai.

Sering kali kita menjuluki kehidupan dengan nama yang menyakitkan, tapi hanya ketika kita sendiri sedang gelap dan sakit. dan kita meratapi kekosongan dan kepapaanya, tapi hanya ketika jiwa kita lepas tak tentu rimba, dan hati sedang mabuk oleh tekanan diri.

Kehidupan itu dalam, tinggi dan luas, dan bahkan ujung pandang matamu hanya bisa menyaksikan telapak kakinya, meskipun ia dekat, dan meskipun hanya nafas dari nafasmu yang dapat menjangkau hatinya, bayangan dari bayanganmu menerpa wajahnya, dan hanya sayup tangismu yang paling pilu dapat menjadi musim semi dan musim gugur didadanya.

Kehidupan itu terselubung lagi tersembunyi, seperti jiwamu yang agung juga terselubung dan tersembunyi. Namun jika kehidupan berbicara, segala angin menjadi kata-kata, dan ketika ia berbicara lagi, senyum dibibirmu dan peluh dimatamu juga akan menjadi kata-kata. Jika ia bernyanyi, segala tuli mendengar dan mempercayai, dan ketika ia berjalan, segala buta akan dapat menyaksikannya dan mengikuti dengan kagum dan keheranan.

4 comments:

Iko said...

Kehidupan itu seperti sang waktu yaaa,... terus berjalan, dan menjadikan sejarah tersendiri untuk kita.

Kehidupan memiliki kisah...
Tinggal kita bagaimana mengisi kisah itu...

Santoso Prihadi said...

Kehidupan itu memang dalam.. karena dalamnya, gak ada yg tau brp lama kehidupan itu ada...
Kehidupan itu bagai drama sandiwara.. penuh dengan cerita dan kisah...
Kehidupan bagai selembar kertas putih dan kosong..
Isi dan warnailah kertas itu..

klo kehidupan itu dibuat susah.. maka akan susahlah kehidupan itu..
klo kehidupan itu dibuah mudah..insyaALLAH DIA akan selalu menolong kita...

Hassei_Takano said...

jkehidupan.. terlalu rumit untuk didefinisikan (Noods)


*Shireishou*

Ipang said...

Yg bisa hentikan kemaun & cita2 qt adalah qt sendiri...
Itulah kehidupan...Hnya qt yg tau & rasakan...